doa-qunut

Bacaan Doa Qunut Arab dan Latin beserta Tata Caranya

Posted on

Bacaan sholat 5 waktu udah baku, tidak dapat diubah-ubah urutannya. Tetapi ada salah satunya bacaan sesudah rukuk ke-2 pada saat sholat subuh sebagai sunnah rosul untuk membaca doa disela-sela sholat harus itu. Doa itu ialah bacaan doa qunut. Ada banyak doa qunut sebagai sunnah rosul dalam ajaran Islam.

Ada bacaan doa qunut nazilah atau doa qunut saat terserang bencana. Dengan membaca doa qunut nazilah ini bermakna Anda akan menghadap dengan spiritual menghadap Allah SWT untuk meminta ampunan serta petunjuk-Nya supaya bencana yang dirasakannya segera selesai. lalu ada doa qunut pendek serta doa qunut dalam sholat subuh, yakni doa qunut yang dibaca pada saat sholat subuh. Kali ini saya akan membahas mengenai doa qunut dalam sholat subuh.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

doa-qunut

“Allaahummah Dinii Fiiman Hadaiyt,

Wa ‘aafinii Fiiman ‘Aafaiyt,

Wa Tawallanii Fiiman Tawallaiyt,

Wa Baarikliy Fiimaa a’toiyt,

Wa qinii Syarromaa Qodloiyt,

Fainnaka Taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk,

Wa innahu laa yadzillu maw waalayt,

Walaa ya’izzuman ‘aadaiyt,

Tabaarokta robbanaa wata’aalaiyt,

Falakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt,

Wa astaghfiruka wa atuubu ilaiyk,

Wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadinnabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wasahbihi wasallam.”

Artinya :

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan.

Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan.

Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.

Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan.

Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.

Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.

Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan.

Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.

(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Tata Cara Doa Qunut

Berkaitan dengan tata cara doa Qunut yaitu dilaksanakannya saat I’tidal (pergerakan berdiri sesudah rukuk). Doa paling penting yang dikerjakan cuma pada rukuk paling akhir dalam sholat serta dilafadzkannya umumnya setiap sholat Subuh.

Doa qunut dapat lakukan saat ada salah satunya saudara atau saudari kita yang muslim tengah ditimpa bencana. Doa Qunut tersebut adalah satu bentuk persaudaraan antar sama-sama umat Islam supaya Allah segera meniadakan bencana yang menerpa saudara atau saudari kita.

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Keutamaan sholat Subuh berjamaah sangat banyak, karena di sholat Subuh ada penambahan bacaan doa qunut yang mempunyai beberapa manfaat. Doa qunut tidak cuma sebatas doa yang dibaca cuma untuk meminta pada Allah SWT. Membaca doa qunut mempunyai banyak manfaat buat yang membacanya dengan tulus serta ikhlas.

1. Memberi Petunjuk

Pada bacaan doa qunut ada doa yang bunyinya “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang mempunyai arti keinginan seseorang hamba pada Allah supaya dikasih petunjuk.

Kalimat atau lafadz itu dapat dipandang seperti beberapa kata tawasul, yakni beberapa kata yang mengartikan terdapatnya satu nikmat hidayah sama seperti seperti Allah SWT mengasihkan hidayahnya untuk hamba-Nya.

2. Memperoleh Perlindungan

Ada kalimat yang berada di dalam doa qunut “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang memiliki makna “Berikanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang telah diberi keselamatan”

Kata kata itu memperkuat satu makna jika Allah SWT mengasih perlindungan pada hambanya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang meminta.

Perlindungan yang dikasihkan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya bukan sekedar perlindungan serta keselamatan dalam dunia saja, namun juga keselamatan untuk di akhirat nantinya.

3. Menghindari Dari Beberapa Penyakit

Dalam doa qunut ada kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang dipercaya memberikan perlindungan berupa keselamatan. Kalimat itu yang dapat memberi keselamatan contohnya menahan hamba-Nya dari setiap jenis penyakit, baik itu penyakit hati atau penyakit rohani atau penyakit jasmani yang ada di hamba-Nya.

Dengan rajin membaca doa qunut dapat membuat umat manusia terlepas dari beberapa hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dari sisi udara nafsu atau dari harta serta tahta.

4. Memberi Karunia Pada Nikmat yang Dikasihkan

Dalam Bacaan doa qunut juga ada kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah pada saya apa yang sudah Engkau kasih.

Kalimat itu menjelaskan jika Allah SWT selalu menganugerahkan kebaikan berupa karunia untuk setiap hamba-Nya. Seikit atau banyaknya jumlah nikmat yang dberikan oleh Allah SWT untuk tiap-tiap hamba-Nya bisa menjadi karunia sendiri buat hamba-Nya itu.

Bagaimana Jika Lupa Doa Qunut ?

Kita menjadi hamba Allah SWT mempunyai sangat banyak kekurangan dan kelemahan. Diantaranya ialah karakter lupa yang seringkali dihadapi oleh manusia. Jika kita lupa hitungan rakaat dalam sholat fardhu atau lupa membaca doa qunut sesudah rukuk di iqtidal paling akhir dalam sholat subuh, kita dapat lakukan sujud syahwi untuk menutupi kekurangan itu.

Doa Qunut Saat Berjamaah

Jika saat tengah sholat Subuh berjamaah dengan orang yang tidak lakukan doa qunut dalam sholatnya, baik saat tengah jadi makmum atau Imam. Sebisa mungkin Anda dapat menghargainya. Berikut Cara ketika jadi imam atau makmum saat melakukan bacaan doa qunut dalam sholat.

1. Jika Anda jadi Imam

Jadi masih disunnahkan untuk Anda masih membaca doa qunut, yakni dengan ganti bacaan i’tidal dengan bacaan doa qunut. Perihal ini karena bacaan doa qunut lebih diprioritaskan sebab hukumnya sunnah ab’adl dibanding dengan bacaan i’tidal yang hukumnya sunnah hai’at.

2. Jika Anda jadi makmum

  1. Qunut bisa dibaca dengan singkat sesudah bacaan i’tidal, dengan doa yang meliputi unsur pujian serta istighfar. Walau dari ayat-ayat Al Qur’an dengan fakta tidak ada ketetapan mengenai sighot qunut.
  2. Qunut dengan sujud sahwi.
  3. Bisa mufaroqoh.

Demikian Artikel ini, supaya teman-teman bisa menghafal doa qunut dengan benar dan lancar.jika anda pertanyaan jangkan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *