assalamualaikum

Penjelasan Assalamualaikum Beserta Artinya

Posted on

Umat islam seringkali menegur saudara, rekan, atau keluarga memakai kalimat assalamualaikum. Rutinitas itu bahkan juga keluar dengan sendirinya sebab dilakukan selalu setiap harinya. Bukan sekedar menjadi sapaan saja, ada arti baik yang terdapat didalamnya, yakni sama-sama mendoakan. Dengan demikian, perpecahan dan perasaan tidak suka bisa dihindari. Akan tetapi sayangnya, banyak yang cuma mengatakan dengan lisan serta tidak kenal benar arti atau maknanya.

Karena itulah mengapa umat islam sekarang ini mudah terpecah iris karena perasaan persaudaraan yang tidak kuat. Sudah waktu nya generasi muda dapat semakin menigkatkan ketaqwaan pada Allah dan menjaga kesatuan ukhuwah umat islam.

Tulisan Assalamualaikum Bahasa Arab bersama maknanya dan arti lafadz assalamualaikum.

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  (Assalamu ‘alaikum Wr. Wb)

 وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  (Wa ‘alaikum salam Wr. Wb)

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ( Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.)

 

Arti Assalamualaikum yang Benar

Kalimat Assalamualaikum datang dari kata alaikum salam yang bermakna kedamaian atau kesejahteraan. Sama-sama muslim mesti sama-sama membuat perlindungan serta mendoakan supaya tetap memperoleh karunia dari Allah. Sejak dahulu, umat nabi Muhammad SAW tetap di ajarkan untuk melakukan perbuatan baik kepada sesama dengan banyak cara, salah satunya yang sangat simpel ialah mengatakan Assalamualaikum warrahmatullahi wanarakatuh yang lalu dibalas dengan waalaikum salam.

Assalamualaikum mempunyai arti yang cukup mendasar serta bisa mengajari kebanyakan orang selalu untuk mendoakan serta tidak membenci satu sama lain. Jadi tidak sekedar hanya sapaan atau bahkan juga dijadikan kaligrafi tulisan arab assalamualaikum yang lalu dipajang untuk memperkuat sang empunya yang taat pada ajaran islam. Cuma untuk jati diri saja akan tidak bermakna bila maknanya tidak diresapi dengan baik.

Makna dari kalimat assalamualaikum arab yang biasa ditulis berbentuk kaligrafi atau latin biasa ialah mudah-mudahan tetap memperoleh limpahan karunia serta keselamatan dari Allah. Jadi otomatis bila Anda menegur rekan memakai kalimat itu dan dijawab, mengisyaratkan pemberi serta yang dikasih perkataan saling mendoakan. karena begitu indahnya arti dari kalimat itu, banyak yang menuangkan inspirasi kreatifnya dalam kaligrafi assalamualaikum supaya tetap ingat untuk melakukan perbuatan baik pada setiap orang.

Mengatakan assalamualaikum arab sebetulnya ialah rutinitas jaman dahulu yang gampang dipraktikkan. Bukan sekedar waktu berjumpa dengan kerabat atau rekan saja, saat masuk ke rumah atau gedung, semestinya melafalkan kalimat itu. Tujuannya baik, untuk mengetahui adakah orang ataukah tidak bila kondisinya memang sepi pada saat itu.

Menegur dengan mengatakan assalamualaikum hukumnya sunnah, maka bila dikerjakan akan memperoleh pahala. Demikian sebaliknya bila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Akan tetapi semestinya, menjadi kaum muslim yang patuh, lakukan hal itu sebab bisa memberi banyak pahala pada Anda. Diluar itu sangat bagus untuk kehidupan sosial serta memperkuat tali persaudaraan. Tidak cuma disampaikan, banyak pula yang memulai kalimat pada surat ataupun undangan menggunakan tulisan assalamualaikum menjadi pembuka sekaligus juga doa.

Arti dan makna dari kata assalamualaikum mesti diresapi dalam-dalam supaya manfaatnya dapat terasa dalam kehidupan keseharian. Menanggapi permasalahan ketidaksamaan dalam umat islam yang sekarang ini seringkali terjadi, sebaiknya berkaca pada teladan Rasul. Salah satunya rutinitas yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW serta disebarkan pada umatnya ialah menyapa memakai lafal assalamualaikum.

Dalam kalimat itu terdapat makna yang cukup mendasar yakni berbentuk doa supaya selalu memperoleh karunia dari Allah SAW. Dengan meresapi makna dan artinya, jadi dapat menghindari Anda dari tindakan tercela kepada sesama umat manusia.

Assalamualaikum arab atau yang dituliskan dalam bahasa Indonesia adalah kalimat indah yang bukan sekedar berperan menjadi sapaan, tetapi juga doa baik pada pemberi ataupun yang menjawab. Begitu disarankan untuk lakukan rutinitas itu sebab manfaatnya cukup banyak serta memberi pahala pada si penyapa serta yang dipanggil.

Bagaimana teman-teman ? apakah masih males menyapa teman dengan sapaan Assalamualaikum ?
Hanya dengan menyapa saja kita sudah dapat pahala ? Jadi jangan ragu untuk menyapa teman atau kerabat anda dengan sapaan Assalamualaikum ya teman2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *